Memperbaiki Masalah “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded” di Windows 7

Hari ini dikantor ada teman saya yang komputernya tidak bisa login, setiap dia klik nama user yang ada pada saat mau login pasti selalu keluar informasi “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded”.

Jika anda pernah mengalami masalah yang sama, yaitu selalu keluar informasi seperti “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded” maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya :

  • Restart Windows dan tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.
  • Buka ke registry editor dengan cara ketik regedit pada Start Menu > Search kemudian Enter.
  • Kemudian eksplore ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList, tampak ada dua folder yang dengan nama berawalan S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang.




  • Pada gambar diatas ada dua S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang yang sama persis (satu berakhiran .bak dan satunya tanpa .bak), lakukan seperti berikut:


  1. klik kanan dan pilih rename pada folder tanpa .bak, tambahi akhiran .bk pada folder tersebut.
  2. klik kanan dan pilih rename pada folder yang berakhiran .bak, buang akhiran .bak


  • Pilih folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik RefCount dan ketik 0 (baca angka nol)  pada value data kemudian klik OK.
  • Seperti langkah 5, pada folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik State dan ketik 0  pada value data kemudian klik OK.
  • Jika sudah, tutup registry editor kemudian Restart Windows.

Dengan menggunakan cara tersebut akhirnya pc teman kantor saya sudah berhasil untuk login kembali dan melakukan pekerjaan hariannya :D.

Post a Comment