Ok jika pada kesempatan sebelumnya kita telah mempelajari tentang bagaimana melakukan proses penggunaan fungsi Count di Excel 2013, kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana penggunaan fungsi SUM di Microsoft Excel 2013.
Fungsi SUM Di Microsoft Excel.
Fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah nilai yang ada pada cell tertentu. Misalnya kita memiliki data seperti gambar dibawah ini :Dari data diatas misalnya kita ingin mengetahui berapa jumlah harga pada data tersebut, nah untuk mengetahui jumlah harga kita bisa menggunakan fungsi SUM, karena fungsi Sum di Excel berguna untuk mengetahui jumlah nilai yang ada pada cell terterntu. Untuk mengetahui total harga maka rumus fungsi count yang harus dimasukan adalah seperti berikut ini : “=SUM(C3:C7)” Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar berikut ini :
Dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa jumlah harga yang ada pada cell C3 sampai cell C7 adalah Rp. 28.000
Fungsi SUMIF Di Excel 2013.
Selain fungsi SUM, ada juga fungsi SUMIF untuk mencari total nilai dengan kondisi tertentu, misalnya pada gambar diatas kita ingin mencari total harga pada barang yang memiliki harga dibawah Rp. 4.500 maka rumus SUMIF yang digunakan adalah seperti berikut : “=SUMIF(C3:C7,"<4500")”. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan gambar berikut ini :Nah dari penggunaan rumus SUMIF tersebut kita bisa mengetahui jumlah total harga untuk barang yang memiliki harga dibawah Rp. 4.500 adalah sebesar Rp. 7.500.
Oke sampai disini saja dulu pembahasan kita mengenai tutorial Excel khususnya pada penggunaan fungsi SUM dan juga SUMIF, jangan lupa untuk sering sering mampir ke blog virdane.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial belajar Microsoft excel lainnya ya.
Post a Comment